Senin, 25 Oktober 2010

Optimum Learning State

Bagaimanakah cara terbaik untuk menganjarkan sesuatu pada anak kita, teman kita atau siapa saja yang rasanya memang perlu untuk diajak berbagi.Atau kalau pertanyaanya lebih spesifik Kapan saat yang paling tepat buat ngajarin anak,agar proses transfer ilmu yang kita lakukan lebih efisien dan efectif?
Menurut para ahli psikologi dan pemerhati pandidikan,gelombang otak biasanya diukur dalam jangkauan paling lambat hingga paling cepat yaitu sebagai berikut :

1. Gelombang Delta (1-3CPS)
Disini kita dalam keadaan tidur nyenyak
2. Gelombang Theta (4-7CPS)
Kita dalam keadaan konsentrasi mendalam atau emosi
3. Gelombang Alpha (8-12CPS)
Dalam keadaan Rileks dan meditasi
4. Gelombang Betha(18-40CPS)
Keadaan sadar dan mimpi

Dari kondisi/state diatas kita bisa memperkirakan kira2 pada state mana kita dalam keadaan yang tenang,segar dan fokus penuh untuk nrima input(imu-belajar). Seperti judul diatas Optimum Learning State adalah kita ingin tahu pada saat bagaimana sebetulnya otak/diri kita sangat efectif menerima/menganalisa/belajar?

Sementara dalam kehidupan sehari-hari kita sadar bahwa terkadang kita begitu fresh untuk belajar tapi kadang sebaliknya malas,nggak mood,boring dan lain-lain.
Menurut peneliti dari Universitas Chicago Mihaly C. menjelaskan bahwa OLS adalah keadaan konsentrasi total yang menyerap secara mutlak perasaan,sehingga anda berada dalam kekuasaan saat itu,dan memperlihatkan unjuk kerja puncak dari kemampuan anda",jadi dalam OLS anda benar2 terserap dalam apa yang dipelajari,dan pemahaman anda mencapai maksimum.

Dari teori ini kita jadi pingin tahu, "Bgaimanakah caranya agar kita dapat mencapai OLS? hingga proses belajar dan mengajar kita lebih efectif dan optimal?yaitu dengan membiasakan/melatih diri kita agar terbiasa untuk berada di gelombang alpha, yaitu meditasi dan relaksasi karena frekwensi Alpha sangat berdekatan dengan theta apalagi memang sangat sulit rasanya bisa kita dengan sadar bisa mencapai gelombang theta.kesimpulannya mencapai theta dengan alpha,latihan pernapsan,relaksasi itu yang terpenting,semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.